Rabu, 01 Agustus 2012

Proposal studi banding HIMASEP

PENDAHULUAN
Mahasiswa sebagai insan akademis, pencipta serta pengabdi masyarakat yang tentunya merupakan asset besar Negara dimasa depan pada era sekarang sepertinya telah kehilangan arah gerakan khusunya dalam menentukan orientasi sebagaimana hakikat yang seharusnya. Seiring berjalannya waktu peran mahasiswa dilemahkan oleh sistem yang terjadi di kampus itu sendiri, pengrusak moral, anarkisme, dan kurangnya eksistensi mahasiswa menjadi simbol yang ada pada mahasiswa. Kedaan itu tak dapat dinafikan dari dunia kampus, yang teridri dari berbagai golongan, budaya dan elemen masyarakat. Mengedepankan pendididkan sains dan teknlogi merupakan ciri yang ada pada perguruan tinggi swasta maupun negeri yang ada pada saat ini. Ketimpangan pun terjadi ketika kecerdasan intelektual tidak didukung dengan kecerdasan emosional dan spiritual yang memadai.
Kampus yang hari ini dikatakan sebagai salah satu wadah yang mencetak asset ataupun generasi penerus bangsa dan kampus dikenal sebagai lembaga akademik yang juga berperan dalam mencetak berbagai tenaga ahli serta orang-orang yang mengabdikan dirinya untuk masyarakat dilingkungannya, sekarang sudah jauh dari makna yang ada. Kemajuan yang terjadi dalam berbagai bidang  kehidupan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam bidang pendidikan. Diantara pengaruh yang ditimbulkan dalam bidang pendidikan itu diantaranya menyangkut  sistim pembelajaran baik akademik maupun non akademik, mahasiswa dengan mahasiswa lainnya baik dalam lingkungan kampus maupun didalam lingkungan masyarakat, juga cara Dosen dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa yang semakin hari perlu adanya inovasi dan kreasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mengingat situasi dan kondisi yang seperti tersebut perlu kiranya para mahasiswa diberikan pengenalan serta wawasan yang berbeda dari situasi yang dihadapi sehari-hari  melalui kunjungan ke Universitas yang memiliki latar belakang serta kondisi yang berbeda dari Universitas mereka sendiri
Universitas dapat menjadi kawah pembelajaran yang baik untuk menempa toleransi antarmahasiswa. Sejak awal sejarahnya universitas merupakan tempat pertemuan berbagai orang yang datang dari berbagai latar belakang budaya, agama, bahasa, ideolologi yang saling berinteraksi. Di situlah orang tanpa diskriminasi dapat belajar, mengadakan penelitian, dan mengkomunikasikan gagasannya. Tantangannya adalah bagaimana meluaskan koeksistensi tersebut ke dalam dimensi-dimensi yang lebih luas dari ranah akademis yang bisa jadi beberapa mahasiswa melakukannya secara terpaksa sekadar demi memenuhi tugas-tugas kuliah.
Sedikit gambaran mengenai kondisi akademik dalam ruang lingkup Universitas Tadulako khususnya Fakultas Pertanian terlihat masih perlu adanya inovasi dalam membentuk karakter mahasiswa yang berorientasi pada kemajuan pola pikir dan tingkah laku, kondisi pembelajaran yang masih perlu adanya peningkatan kapasitas materi dan metode penyampaian yang lebih menarik minat mahasiswa dalam mengembangkan wawasannya, peningkatan mutu pembelajaran yang perlu dikaji secara fundamental diharapakan mampu memberikan pengaruh positif terhadap pribadi mahasiswa dalam proses belajarnya. Keadaan infrastruktur Fakultas Pertanian yang masih perlu adanya perbaikan demi menunjang kenyaman dalam proses perkuliahan.
Melihat kondisi dan realita yang ada, maka kami selaku mahasiswa Agribisnis berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan Studi Banding. Untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa Fakultas Pertanian khususnya Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis) tentang sistem pembelajaran yang dilaksanakan di Universitas Brawijaya Malang, maka kami selaku mahasiswa Agribisnis berencana akan membuat kegiatan studi banding ke perguruan tinggi tersebut.
 Studi banding adalah sistem pengujian di mana program ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbandingan sistem pembelajaran yang didapat di Universitas Tadulako Palu dengan Universitas Brawijaya Malang  yang khususnya Fakultas Pertanian jurusan Agribisnis. Dengan melakukan studi banding, mahasiswa dapat menambah wawasan dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta inovasinya.
Studi Banding ini merupakan wadah pengembangan wawasan akademik yang diharapkan mampu memberikan inovasi akademik khususnya di Fakultas Pertanian sebagai sebuah kekuatan yang besar serta untuk menyegarkan dan menggali kembali potensi-potensi yang dimiliki oleh mahasiswa itu sendiri. Sehingga nantinya kegiatan ini akan membekas dan menjadi modal utama bagi mahasiswa untuk menjalankan perannya kembali, sebagai sebuah elemen masyarakat yang punya ambisi untuk melakukan perubahan-perubahan karena memang disadari atau tidak peran mahasiswa adalah agen of change dalam strata masyarakat yang ada, kapan pun dan dimana pun ia berada.

NAMA KEGIATAN
Nama Kegiatan ini adalalah ”Studi Banding Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Tadulako”.

BENTUK KEGIATAN

Adapun bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Studi Banding ini adalah sebagai berikut :
1.      Kegiatan ini  berupa kunjungan  studi banding dengan bentuk pengenalan tentang Profil Universitas secara umum, dan lebih spesifik lagi pada jurusan Agribisnis, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan masing-masing Universitas secara khusus serta kondisi akademik dari masing-masing Universitas, dan melakukan kegiatan yang bersifat edukatif.
2.      Kunjungan ke beberapa perusahaan yang mengelola produk-produk pertanian guna menambah wawasan mahasiswa dalam dunia perindustrian khususnya industri yang mengelola produk-produk pertanian.
3.      Field trip
Field trip kali ini akan diselenggarakan pada tanggal  Desember 2012 dengan tujuan menambah keakraban antar mahasiswa dari masing-masing institusi dan memperkenalkan panorama alam jawa timur.
TUJUAN KEGIATAN
Tujuan dari dilaksanakannya STUDI BANDING Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (HIMASEP) Adalah :
a.      Tujuan Umum
1.        Melakukan pengamatan terhadap situasi kampus yang dikunjungi untuk selanjutnya melakukan perbaikan yang dianggap perlu.
2.         Membandingkan kondisi akademik antara Universitas Tadulako Palu dan Universitas Brawijaya Malang
3.         Membandingkan infrastruktur yang ada antara Universitas Tadulako Palu dan Universitas Brawijaya Malang
4.         Membandingkan Kualitas antara mahasiswa Universitas Tadulako Palu dan Universitas Brawijaya Malang
5.         Meningkatkan potensi sumber daya mahasiswa dalam bidang keprofesian
b.      Tujuan Khusus
1.         Memberikan motivasi pada mahasiswa untuk meningkatkan kualitas akademiknya
2.         Menumbuhkan semangat mahasiswa dalam berinovasi
3.         Mempererat hubungan silaturahmi antar lintas almamater khususnya mahasiswa Agribisnis Universitas Tadulako dan Universitas Brawijaya dari sisi akademik maupun berlembaga.
 PENYELENGGARA
Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis) bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (HIMASEP), Fakultas Pertanian Universitas Tadulako.
         Sekretariat
         Kampus UNTAD Tondo
         Jln Soekarno Hatta
         Ruangan LAB Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Tadulako
         Panitia Pelaksana
         Ketua                : Adnan Putra Pratama       
         Sekertaris          : Zabir
            Bendahara     : Citra Dewi

WAKTU DAN TEMPAT
Ø  Waktu
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20-22 Desember 2012 dengan rangkaian agenda sebagai berikut :
1.      Pengenalan Profil Umum Universitas (Jurusan Agribisnis)
-          Ceremonial (penyambutan)
-          Kuliah Umum
-          Kunjungan Laboratorium
-          Kunjungan Ruang Perkuliahan
-          Sharing Antar Lembaga (HMJ)
Tanggal           : 20 Desember 2012
Tempat            : Universitas Brawijaya Malang

2.  Kunjungan ke Perusahaan
Tanggal             : 21 Desember 2012
Tempat              : PT. Puspa Agro (Malang)

3.  Field Trip
Tanggal             : 22 Desember 2012
Tempat             : Taman Safari dan Agro Wisata Malang

PESERTA
Peserta pada kegiatan ini terdiri atas Mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis). (Terlampir dalam kepanitiaan)

PEMBIAYAAN
1.      Sumber pembiayaan
Sumber pembiayaan kegiatan ini diharapkan berasal dari :
a)      Universitas Tadulako
b)      Fakultas Pertanian
c)      Instansi-instansi Pemerintah
d)     Kontribusi Peserta
e)      Sponshor Ship
2.      Jumlah Biaya
Kegiatan ini membutuhkan dana sebesar : Rp. 54.030.000,00 (lima puluh empat juta tiga puluh ribu rupiah)
(Terlampir).

SUSUNAN PANITIA


(Terlampir)

PENUTUP
                                            
         Demikian proposal ini kami susun sebagai landasan dan bahan acuan, untuk partisipasi berbagai pihak demi kelancaran dan kesuksesan kegiatan ini. Semoga Allah selalu memberikan perlindungan dan kemudahan dalam setiap langkah kita.
SALAM PROFESI......!!!!!!!!!!!!!

ESTIMASI DANA

Lampiran : Rencana anggaran biaya pelaksanaan STUDI BANDING

No
Item /uraian
Jumlah Satuan
Harga Satuan(Rp)
Total (Rp)

UMUM
1
Tiket Pesawat (PP)
25 orang
2 x 25 orang x
 Rp. 800.000
Rp. 40.000.000
2
Bus (Surabaya-Malang)
25 orang
2 x 25 orang x
Rp. 50.000
Rp. 2.500.000
3
Bus Fieldtrip
1 unit
2 x Rp. 500.000
Rp. 1.000.000
4
Penginapan
25 orang
3 hari  x            25 orang x
Rp. 100.000
Rp. 7.500.000

ADMINISTRASI
5
Kertas
3 Rim
Rp. 35.000
Rp.105.000
6
Tinta Print
3 Buah
Rp. 25.000
Rp. 75.000
7
Amplop
2 Pack
Rp. 25.000
Rp. 50.000
8
Spidol/pulpen
1 Pack
Rp. 25.000
Rp. 25.000

PUBLIKASI DAN DOKUMENTASI
9
Spanduk
2 lembar
Rp. 200.000
Rp. 400.000





KONSUMSI
10
Konsumsi
25 Orang x  (9 kali makan selama kegiatan)
Rp. 10.000
Rp. 2.250.000
11
Snack
25 Orang
Rp. 5.000
Rp. 125.000

TOTAL
Rp.54.030.000

























SUSUNAN ACARA :

SUSUNAN ACARA
STUDI BANDING HIMPUNAN MAHASISWA SOSIAL EKONOMI PERTANIAN (HIMASEP)
Kamis, 20 Desember 2012
08.00    09.00           :  Persiapan
09.00 – 12.00             :  Pengenalan Profil Universitas Tadulako (Palu)
12.00 – 13.00             :  ISHOMA
13.00 – 15.30             :  Pengenalan Profil Universitas Brawijaya (Malang)
15.30 – 16.00             :  Sholat
16.00 – 18.00             :  Hiburan
18.00 – 20.00             :  ISHOMA
20.00 – 22.00             :  Perkenalan Lembaga Tiap Institusi
22.00 – 04.30             :  Istirahat

Jum’at, 21 Desember 2012
04.30 - 05.00             :  Siap-siap Sholat Subuh
05.00 – 07.30             :  SKJ
07.30 – 09.00             :  Bersih-Bersih
09.00 – 12.00             :  Kunjungan ke Perusahaan Pertanian
12.00 -  13.00            :  ISHOMA
13.00 – 15.30             :  Kunjungan Lokasi perkebunan Perusahaan
15.30 – 16.00             :  ISHO
16.00 – 18.00             :  Kembali ke Penginapan

Sabtu, 22 Desember 2012
04.30 – 06.00             :  Shalat Subuh
06.00 – 07.00             :  Persiapan perjalanan
07.00 – 12.00             :  Field Trip ke Taman safari
12.00 – 13.00             :  Perjalanan ke Agro Wisata
13.00 – 14.00             :  ISHOMA
14.00 – 16.00             :  Field Trip Agro Wisata

Lampiran:      Susunan Panitia
Susunan Kepanitiaan
STUDI BANDING (HIMASEP)
Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian
DEWAN PELINDUNG        : Prof. Dr. Ir. Alam Anshary,
                                                   (Dekan Fakultas Pertanian)
PENANGGUNG JAWAB    : Dr. Rustam Abd. Rauf, SP,. MP
                                      (Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian)
DEWAN PENASEHAT         : - Dr. Ir. Alimudi Laapo, MP
-    Ir. Abdul Muis, Mp
-    Sulaiman, Sp, Mp
KETUA PELAKSANA         : Sadam  (Ketua Umum)
KETUA PANITIA                 : Adnan Putra Pratama
SEKERTARIS                       : Zabir
BENDAHARA                      : Citra Dewi
SEKSI ACARA
Cord        : Uun Anggraini
Anggota   :
- Nursyamsi Ramadhani
- Harnum
- Ayu Dwi Angriani
- Eby Gusdian

SEKSI HUMAS
Cord           : Muh. Asy’ari
Anggota      :
- Andi Rizal
- Muhammad Rudi
- Erny
- Anita                   

SEKSI KONSUMSI
Cord        : Ermawati
Anggota   :
- Majeni
- Widya Masran
- Sri Mentar
SEKSI USAHA DANA
Cord          : Moh. Jufri
Anggota     :
- Irland
- Fandri
- Nurhilal
                    
                    
SEKSI PUBDEKDOK
Cord        : Chesta Devayana
Anggota  :
- Anti
- Vina
- Meylida
SEKSI TRANSPORTASI
Cord          : Ahmad Ilham
Anggota    :
- Abd. Rakib
- Hanchen
- Agusti

Panitia Pelaksana
Ketua Panitia

Adnan Putra Pratama
E 321 10 002
Sekretaris

Zabir
E 321 10 082

Menyetujui,
Ketua Jurusan Sosial ekonomi Pertanian
Fakultas Pertanian
Universitas Tadulako



Dr. Rustam Abd. Rauf, SP,. MP
NIP. 19740603 200212 1 002
Ketua HIMASEP
Fakultas Pertanian
Universitas Tadulako




Sadam
E 32 10 041


Mengetahui,
Pembantu Rektor III
Universitas Tadulako




Ismadi Weri, SH, MH
         NIP. 19580810 198601 1 003
Pembantu Dekan III
Fakultas Pertanian
Universitas Tadulako



Dr. Ir. Iskandar Lapanjang, MP
        NIP. 19620715 198903 1 002




 

2 komentar: